Peduli Dampak Covid-19 pada Mahasiswa, FKM Unhas Berbagi Paket Sembako

oleh -153 views
(Dok. FKM UNHAS)

SuluhNusantara.com – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, melanjutkan pembagian paket sembako berupa beras 10 liter, telur 30 biji, gula 1 liter, minyak goreng 1 liter dan ada juga pembagian masker kepada mahasiswa FKM yang tinggal di pondokan sekitar Unhas. Kegiatan yang dilakukan Sabtu, 4 April 2020, tetap memiliki prinisp-prinsip edukasi pencegahan covid-19 yaitu mahasiswa harus cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir sebelum pembagian paket sembako tersebut.

Untuk pembagian paket sembako ini, pimpinan fakultas mengajak kerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa FKM Unhas untuk mendata mahasiswa FKM yang tinggal di sekitar pondokan Unhas.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan FKM Unhas, Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes., MSc.PH, PhD, bersama dengan beberapa staf pegawai yang membantu pembagian paket sembako tersebut. Menurut Prof. Sukri bahwa ini adalah salah satu bentuk kepedulian fakultas terutama kepada mahasiswa yang tinggal di pondokan sekitar Unhas dan tidak pulang kampung. Ini adalah sebagian langkah yang kita lakukan untuk membantu mahasiswa, semoga bermanfaat. Donasi tersebut berasal dari dosen FKM, Alumni FKM, dan Simpatisan lainnya. Sejak hari Jumat tanggal 27 Maret 2020 FKM membuka donasi berupa paket (satu paket setara Rp. 200.000) dan alhamdulillah terkumpul lebih 300 paket.

BACA JUGA:  Guru Besar FKM Unhas Presentasi di Komite Ahli Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI

Wakil Presiden BEM FKM Unhas, Achmad Nugraha, yang diminta komentarnya mengatakan bahwa menurut saya ini sangat bermanfaat bagi teman-teman mahasiswa yang sampai hari ini sengaja untuk tidak pulang ke kampung halaman sebagai salah satu langkah pencegahan guna memutus rantai penyebaran wabah covid 19 ini, sebagaimana kita ketahui dengan hadirnya kebijakan pemerintah untuk melakukan physical distancing maka tentunya itu berpengaruh bagi teman-teman mahasiswa dalam hal pemenuhan kebutuhan pokoknya.
Beberapa mahasiswa juga dimintai komentarnya berkaitan dengan paket sembako ini. Misalnya Aldian mahasiswa Departemen K3 FKM Unhas, menyampaikan alhamdulillah, sangat membantu sekali, apalagi dalam masa begini yang susah buat bikin apa apa. Terima kasih banyak bantuannya. Demikian juga Hendra mahasiswa FKM Unhas dari Departemen Ilmu Gizi FKM Unhas menyampaikan terima kasih sebelumnya dan pembagian paket sembako ini merupakan salah satu langkah konkret pihak FKM dalam membantu mahasiswanya terlebih lagi yang memiliki keterbatasan ekonomi maupun mempunyai kendala yang mengharuskan mahasiswanya untuk tetap tinggal di Makassar. (*)

BACA JUGA:  Aksi Sosial Persakmi Morowali Terus Melawan Covid-19