BINA DESA MAHASISWA TEMATIK COVID-19 FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNHAS, GERAKAN PUBLIC HEALTH PEDULI

oleh -593 views

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat Bina Desa Tematik Covid-19 pada senin 27 April 2020. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan FKM Unhas Dr. Aminudddin Syam, SKM., M.Kes., M.Med.Ed yang didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan FKM Unhas Prof. Sukri Palutturi, SKM., M.Kes., MSc.PH., Ph.D.

Ketua Panitia dalam hal ini diwakili oleh Marini Amalia Mansur, S.Gz., M.P.H melaporkan bahwa bantuan logistic yang dibagikan berupa beras, telur, susu, minuman sirup, sabun mandi dan cuci tangan, masker, stiker dan leaflet edukasi pencegahan Covid-19. Sekitar 50 paket logistik disalurkan kepada mahasiwa FKM dan masyarakat sekitar Unhas. Kegiatan bina desa ini bukan hanya berupa pembagian logistic tapi juga pemberian edukasi bagaimana pentingnya penggunaan masker dan cuci tangan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Dekan FKM Unhas, Dr. Aminudddin Syam, SKM., M.Kes., M.Med.Ed dalam sambutannya mengatakan terima kasih kepada Ibu Rektor Unhas, Wakil Rektor III Unhas dan Wakil Dekan III FKM Unhas yang telah mendukung kegiatan ini. Kegiatan pemberian logistic sudah pernah dilakukan sebelumnya dan Insya Allah akan adalagi kegiatan semacam ini ke depannya. Dekan FKM juga menyampaikan bahwa di tengah Pandemi Covid-19 ini kita harus saling membantu sesame terutama yang dekat, makanya pada kegiatan ini mahasiswa FKM dan masyarakat sekitar yang menjadi sasaran kegiatan. Pemberian sabun cuci tangan dan masker serta leaflet edukasi menjadi upaya FKM dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

BACA JUGA:  Departemen Sosek Peternakan Fakultas Peternakan Unhas Gelar Seminar Online tentang Akselerasi Agribisnis di Era New Normal Pasca Covid-19

Wakil Dekan III FKM Unhas Prof. Sukri Palutturi, SKM., M.Kes., MSc.PH., Ph.D selaku pengarah dalam kegiatan Bina Desa Tematik Covid-19 secara terpisah mengatakan bahwa kegiatan bina desa ini seyogyanya dilakukan di tingkat Desa, dan ini sudah menjadi program tahunan dimana masing-masing Fakultas bertanggung jawab. Kegiatan bina desa ini bukan baru kali ini dilaksanakan, kegiatan ini telah dilakukan setiap tahunnya dan kali ini kegiatan bina desa spesifik pada permasalahan Covid-19. Mencermati kasus Covid-19 yang terus mengalami peningkatan, maka salah satu langkah kegiatan nyata FKM lakukan untuk mengurangi dampak Covid-19 dengan melakukan pembagian logistic dan pesan edukasi pada mahasiswa FKM, dan masyarakat sekitar Unhas.

Setelah acara pembukaan dan pembagian bantuan logistic kepada mahasiswa di lobby FKM Unhas, tim bina desa melanjutkan kegiatan pembagian kepada masyarakat sekitar Unhas di wilayah kera-kera. Kurang lebih 27 paket dibagikan kepada masyarakat setempat dari rumah kerumah. Pada kegiatan pembagian tim juga mengedukasi masyarakat untuk menggunakan masker dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Bersama paket logistic masyarakat juga di edukasi dengan pesan sticker untuk tetap di rumah dan menggunakan masker ketika bepergian. Kegiatan bina desa FKM Unhas juga diliput langsung oleh TVRI Makassar.

BACA JUGA:  Social Distancing terhadap Covid-19, Ini Komentar Prof. Sukri