FKM Unhas Siap Meraih Juara pada Lomba MTQ Tingkat Universitas

oleh -693 views

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) adalah agenda rutin yang dilakukan setiap tahun di bidang kemahasiswaan tingkat Universitas Hasanuddin. Sebagai bentuk keseriusan bagi Fakultas Kesehatan masyarakat mempersiapkan mahasiswanya, MTQ tingkat fakultas diselenggarakan.

Dalam laporannya yang disampaikan oleh ketua panitia MTQ tingkat fakultas, Riswandi, kegiatan ini kerjasama dengan Lembaga Dakwah Alafiyah dengan pihak fakultas. Perbedaan kegiatan dari tahun-tahun sebelumnya adalah bahwa biasanya kegiatan MTQ dilakukan dalam bentuk tatap muka, tahun ini dilakukan dalam bentuk virtual akibat pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan kita lakukan secara langsung. Ini adalah tahapan untuk mengikuti tingkat universitas. Ada tiga lomba yang akan diikuti yaitu Musabaqah Tilawatil Qur’an (TQ) adalah lomba membaca Al-Qur’an dengan bacaan Imam Ashim riwayat Hafsh dengan martabat mujawwad (juz 1 s.d. juz 30), Musabaqah Syarhil Qur’an (SQ) adalah lomba analisis kajian tentang Al-Qur’an dan Musabaqah Karya Tulis Esai, berupa lomba menulis Esai dengan tema “Ramadhan dan Kepedulian Kepada Sesama di masa Pandemi Covid-19”

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan FKM Unhas, Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes., MSc.PH, PhD yang memberikan sambutan dalam kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memfasilitasi dan agar mahasiswa lebih siap untuk mengikuti lomba pada tingkat universitas. Saya tahu bahwa banyak mahasiswa FKM Unhas yang memiliki kemampuan dan pengalaman yang cukup bagus dalam lomba seperti ini sehingga masukan dari dewan juri itu sangat diharapkan untuk diperbaiki sebelum ikut bertanding pada tingkat universitas. Berdasarkan laporan dari panitia ada 23 peserta yang siap mengikuti lomba KTI, 8 orang untuk Tilawatil Quran dan 4 tim untuk Syarhil Quran. Lebih lanjut Prof. Sukri mengatakan bahwa sejak minggu lalu telah dibentuk panitia setelah pihak rektorat menyampaikan kepada tingkat fakultas. Registrasi sudah dilakukan sejak 2-8 Mei 2020; technical meeting tanggal 9 Mei 2020; pelaksanaan dan pengumuman lomba 10 Mei 2020, dan segera daftar dan menguplaod dokumen untuk mengikuti lomba tingkat universitas yaitu 10-13 Mei 2020 (lihat panduan universitas karena setiap lomba memiliki deadline yang berbeda).

BACA JUGA:  Persakmi Morowali Melawan Covid-19

Terima kasih kepada semua panitia dan dewan juri MTQ tingkat fakultas yaitu Muhammad Rachmat, SKM, M.Kes., Muh. Fajaruddin Natsir, SKM, M.Kes. Andi Selvi Yusnita Sari, SKM, M.Kes., dan Muflihah Darwis, SKM, M.Kes. Insha Allah kegiatan ini terbaik dan mengharapkan ridho dari Allah SWT. Semoga Covid-19 segera berlalu