Mahasiswa FKM Unhas Siap Raih Juara pada LKTMI Nasional

oleh -381 views

Setelah sukses menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) beberapa waktu yang lalu, kini Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin tengah mengagendakan Kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa (LKTIM) Virtual Bidang Kemaritiman Tingkat Fakultas dalam rangka persiapan LKTMI tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin. Kegiatan tersebut mengusung tema yang relevan dengan situasi pandemi Covid-19 saat ini dan sejalan dengan visi universitas yang berbasis kemaritiman.

Kegiatan bertajuk “Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Industri Pangan Kemaritiman” rencananya akan diselenggarakan pada bulan Juni 2020 dengan melibatkan 8 Departemen yang ada di lingkup FKM UNHAS. Pada kegiatan ini, tidak hanya Karya Tulis Ilmiah yang diperlombakan, tetapi juga Poster Kemaritiman dan Tiktok Kemaritiman.

Dalam upaya menyukseskan kegiatan ini telah ditetapkan 12 panitia yang mewakili 8 departemen yang ada di lingkup FKM UNHAS dengan diketuai Dr. Agus Bintara Birawida, S.Kel., M.Kes. Dalam rapat kepanitiaan perdana yang diselenggarakan secara daring, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan FKM Unhas, Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes., MSc.PH, PhD mengatakan kegiatan ini pada dasarnya merupakan persiapan untuk mengikuti kegiatan serupa di tingkat Universitas dan Nasional. Setiap peserta yang telah mengirimkan karyanya akan dinilai oleh Dewan Juri. Diharapkan proses penjurian tersebut memberikan feedback untuk penyempurnaan karya sebelum akhirnya diperlombakan di level Nasional. Prof. Sukri melanjutkan, kita mendorong masing-masing departemen mengirimkan setidaknya 5 tim untuk berkompetisi pada 3 jenis lomba yang dipertandingkan. Dengan banyaknya karya yang masuk tentu akan melalui proses seleksi yang ketat untuk menentukan pemenangnya. Dalam proses penjurian sendiri terdapat kriteria penilaian yang jelas beserta pembobotan nilai masing-masing yang meliputi format karya tulis, kreativitas gagasan, kesesuaian karya dengan tema, originalitas, serta penggunaan data dan informasi yang akurat.

BACA JUGA:  Respon Mahasiswa FKM Unhas terhadap Kuliah Online

Terselenggaranya rapat kepanitiaan tersebut menandai dimulainya proses pendaftaran peserta. Timeline kegiatan beserta permohonan peserta akan langsung didistribusikan ke departemen masing-masing. Pendaftaran ini akan dimulai pada tanggal 28 Mei 2020 dan berakhir pada tanggal 10 Juni 2020. Setelah proses registrasi tersebut, pengiriman karya dijadwalkan pada tanggal 10-19 Juni 2020, dilanjutkan dengan proses penjurian pada tanggal 20-21 Juni 2020. Tahap pengumuman pemenang sendiri ditetapkan pada tanggal 11 Juli 2020.