Membahas Teknik Analisis Konten Penelitian Kualitatif: PERSAKMI Sulsel, Selenggarakan Webinar Seri ke-4

oleh -48 views

Sabtu, 11 Juli 2020 , Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (PERSAKMI) Pengurus Daerah Sulawesi Selatan mengadakan kegiatan Webinar Seri ke-4 dengan topik “Teknik Analisis Konten dalam Penelitian Kualitatif”. Narasumber yang dihadirkan ialah Dr. Jayadi Nas, S.Sos., M.Si. Peserta yang mengikuti Webinar ini sebanyak 58 orang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia misalnya dari Papua, Kalimantan, Ambon, Lampung, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan DKI Jakarta .

Pada pembukaan kegiatan, Ketua Pengda Persakmi Sulawesi Selatan, Prof. Sukri Palutturi, SKM., M.Kes., M.Sc.PH. Ph.D, mengatakan dalam sambutannya sebelum membuka acara tersebut mengatakan bahwa “kegiatan ini sangat bermanfaat bagi teman-teman mahasiswa yang memiliki fokus penelitian pada metode kualitatif yang dalam hal ini PERSAKMI menghadirkan narasumber yang dapat dikatakan memiliki pengalaman dalam melakukan penelitian kualitatif yaitu Dr. Jayadi Nas, S.Sos., M.Si.. Diharapkan teman-teman yang mengikuti seminar ini dapat berdialog, berdiskusi dengan beliau secara detail dalam penelitian kualitatif khususnya dalam teknik analisis konten.

Kegiatan ini dipandu oleh Andi Mansur Sulolipu SKM.,M.Kes. Pelaksanaan kegiatan ini berjalan selama kurang lebih hampir 2 jam hingga berakhirnya sesi diskusi. Pada kesimpulan kegiatan ini Dr. Jayadi Nas, S.Sos., M.Si. mengatakan bahwa “inti dari webinar ini bahwa pada penelitian kualitatif tidak ada kebenaran tunggal tergantung dari sudut mana kita memandang objek penelitian dan terdapat kecendrungan penelitian sekarang sering kali menyandingkan kedua metode penelitian antara kualitatif dan kuantitatif atau yang lebih sering kita dengar dengan mixed method, sehingga pentingnya membedakan dan menggunakan kedua metode penelitian tersebut dengan tepat” tuturnya.

BACA JUGA:  Politisi PKB: Jangankan 1 Bulan, 3 Bulan Gaji Saja Saya Siap untuk Rohingya