Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Peternakan Unhas Melakukan Penyuluhan dan Pembuatan UMB di Kabupaten Maros

oleh -32 views

Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin melakukan penyuluhan dan pembuatan Urea Mollases Block (UMB) di Dusun Baku, Desa Lekopancing Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros. Kegiatan ini berlangsung Kamis, 9 Juli 2020 yang merupakan kegiatan PPMU-PKM Tahun anggaran 2020. Kegiatan ini diketuai oleh Ir. Veronica Sri Lestari, M. Ec, IPM dengan anggota tim terdiri dari Prof. Dr. Ir. Djoni Prawira Rahardja, M. Sc, IPU; Dr. Ir. Ikrar Mohammad Saleh, M. Sc; Dr. Ir. Aslina Asnawi, S. Pt, IPM; dan Drh. Kusumandari Indah Prahesti, M.Si.

Menurut Ibu Veronica di meja redaksi bahwa Urea Mollases Block (UMB) merupakan pakan tambahan untuk ternak ruminansia, berbentuk padat yang kaya dengan zat-zat makanan. UMB ini lebih simpel dari sisi pemberian pakan dan tampilannya lebih menarik sehingga menambah selera makan pada ternak. Lebih lanjut, beliau mengatakan bahwa pakan ini merupakan pakan alternatif yang kaya akan nutrisi dibutuhkan oleh ternak khususnya sapi.

Acara tersebut dihadiri oleh bapak Sekertaris Desa, Kepolisian setempat serta Peternak sapi potong. Peternak sapi potong sangat antusias mengikuti kegiatan penyuluhan dan pembuatan UMB dan meeka berharap bahwa kegiatan seperti ini dapat berlanjut dimasa yang akan datang, tutupnya.

BACA JUGA:  FKM Unhas Siap Meraih Juara pada Lomba MTQ Tingkat Universitas