FKM Unhas dan TP PKK Kab. Luwu Timur Ajak Warga Cegah Stunting

oleh -79 views

Salah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis FKM Unhas ke-38 yaitu kegiatan Pengabdian Masyarakat di Desa Timampu, Kecamatan Towuti, Kab. Luwu Timur, yang berlangsung pada hari Selasa (17/11/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh dosen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku FKM Unhas Dr. Suriah, S.KM, M.Kes, Muhammad Rachmat, S.KM, M.Kes., Nasrah, S.KM, M.Kes., sekaligus sebagai Pjs. Ketua TP PKK Kab. Luwu Timur. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Pjs. Bupati Luwu Timur, Dr. Jayadi Nas, M.Si.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan kegiatan penyuluhan oleh Tim Penggerak PKK Kab. Luwu Timur. Turut hadir Camat Towuti, Kepala Desa Timampu, Ibu-ibu PKK Kecamatan dan Desa serta kader-kader Posyandu.

Dr. Jayadi Nas, M.Si. dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan kerjasama dengan FKM Unhas yang diharapkan dapat membantu Kabupaten Luwu Timur mengedukasi masyarakat mengenai stunting sehingga dapat dilakukan pencegahan dan penanggulangan.

Sasaran dari kegiatan penyuluhan ini adalah wanita usia subur, ibu hamil, ibu menyusui dan ibu yang memiliki baduta.

Dalam pemaparannya, Ibu Nasrah, SKM, M.Kes. menjelaskan seluk beluk stunting. “Stunting tidak bisa diobati, tapi bisa dicegah. Anak stunting hanya bisa diketahui stunting di atas 2 tahun, maka perlu dijaga di 1000 hari pertama kehidupan,” jelas Nasrah yang juga dosen di Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku FKM Unhas.

BACA JUGA:  Program Studi S3 Ilmu Kesmas FKM Unhas Raih Akreditasi A

Selain pemberian materi, juga dilakukan permainan edukasi ular tangga tentang stunting kepada Warga Desa Timampu, Kecamatan Towuti. Permainan ular tangga tersebut dimainkan oleh-oleh ibu yang menjadi sasaran dan diberikan doorprize bagi yang memenangkan permainan tersebut sebanyak 4 orang pemenang.

Permainan edukasi stunting dipandu oleh mahasiswa Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin sebagai praktik matakuliah Penyuluhan Kesehatan dan Manajemen Pelatihan.