FKM Unhas Gelar Pengabdian Masyarakat di Luwu Timur

oleh -23 views

im dosen Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (PKIP FKM Unhas) menggelar kegiatan edukasi di Kabupaten Luwu Timur, Selasa, 17/11/2020. Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama dengan tim Penggerak PKK Kabupaten Luwu Timur. Kegiatan yang berlangsung di Kecamatan Towuti ini dibuka oleh Pjs. Bupati Luwu Timur, Bapak Dr. Jayadi Nas, M.Si.

PJS Bupati Luwu Timur, Dr. Jayadi Nas, M.Si, dalam sambutannya mengajak warga yang hadir agar mengambil manfaat dari kegiatan ini khususnya terkait pencegahan dan penanggulangan stunting. “Stunting ini nyata ada di masyarakat. Karena itu, kita harus melakukan upaya-upaya pencegahan agar generasi kita lebih baik dan lebih sehat di masa depan. Komitmen pimpinan sangat penting dalam upaya pencegahan stunting. Karena itu, saya hadir di sini,” jelas Dr. Jayadi Nas, M.Si.

Terdapat tiga kegiatan edukasi yang dilakukan secara paralel di tiga tempat terpisah yaitu edukasi tentang pencegahan stunting bagi ibu hamil dan ibu balita, edukasi tentang Covid-19 bagi ibu rumah tangga, dan edukasi tentang fast food bagi remaja.

BACA JUGA:  Terjun ke Dunia Politik, Giring 'Nidji' Syukuran di Rumahnya

Materi tentang pencegahan stunting dibawakan oleh Pjs. Ketua tim Penggerak PKK Kabupaten Luwu Timur, Ibu Nasrah, S.KM, M.Kes. yang juga merupakan dosen FKM Unhas, dan staf Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Timur. “Tim Penggerak PKK berkomitmen untuk pencegahan dan penanggulangan stunting sebagai investasi masa depan Bangsa. Stunting ini bisa kita cegah dengan mencukupi gizi, melengkapi imunisasi dan perbaikan sanitasi,” jelas Pjs. Ketua tim Penggerak PKK.

Dosen FKM Unhas yang hadir yaitu Dr. Suriah, S.KM, M.Kes., Nasrah, S.KM, M.Kes., dan Muhammad Rachmat, S.KM, M.Kes. beserta 9 orang mahasiswa PKIP FKM Unhas.

Menurut Muhammad Rachmat kegiatan pengabdian ini dilakukan secara rutin dan bersama-sama dengan mahasiswa. “Kegiatan ini melengkapi kegiatan pengabdian masyarakat dalam rangka Dies Natalis 38 Tahun FKM Unhas yang telah dilakukan secara daring pada awal bulan November lalu. Selain penjelasan umum tentang tiga topik tadi, kita juga menggunakan metode bermain ular tangga, salah satunya merupakan karya mahasiswa FKM Unhas,” tutup Muhammad Rachmat.