Gelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat, FKM Unhas Ajak Ibu Rumah Tangga Perangi Covid-19

oleh -36 views

akultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) melakukan salah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis FKM Unhas ke-38 berupa kegiatan pengabdian pada masyarakat di Desa Timampu, Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Selasa (17/11/2020).

Kegiatan yang mengambil tema “Saatnya Ibu Rumah Tangga Perangi Covid-19” ini dipandu oleh Dosen FKM Unhas yaitu Dr. Suriah, S.KM, M.Kes. bersama tiga orang mahasiswa FKM Unhas dari Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP) Angkatan 2018. Sasaran kegiatan ini adalah ibu rumah tangga di Desa Timampu.

Acara pengabdian dipandu oleh moderator Sulfiana Syamsul. Kegiatan disambut hangat oleh peserta dan dimulai dengan pembagian pre-test oleh Nadhilah A. Mubarak.

Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang ibu rumah tangga. Setelah pre-test, peserta diberikan pembekalan materi terkait bagaimana upaya yang dapat dilakukan oleh IRT dalam memerangi Covid-19. Materi yang disajikan meliputi pengertian Covid-19, cara penularannya, tindakan pencegahannya, dan upaya dalam meningkatkan imunitas tubuh. Materi ini dibawakan oleh Miftahul Jannah.

Setelah pemberian materi dengan metode ceramah, tim memberikan penguatan edukasi melalui permainan ular tangga raksasa tentang Covid-19. Mekanisme permainannya yaitu permainan dibagi menjadi 3 sesi. Setiap sesinya terdiri dari 5 pemain dan menghabiskan waktu selama kurang lebih 10 menit. Selebihnya turut menyaksikan permainan ular tangga. Setiap peserta yang menang mendapatkan hadiah.

BACA JUGA:  Air Bersih untuk Masamba: Tim Dies Natalis ke-64 Unhas Membangun Sarana Air Bersih

Pada akhir permainan peserta diminta untuk mengisi post-test. Hasilnya akan dibandingkan dengan pre-test. Kegiatan ini merupakan bagian dari tugas praktik penyuluhan dari Matakuliah Manajemen Pelatihan Kesehatan dan Penyuluhan Kesehatan.

Sekretaris Departemen PKIP FKM Unhas yang turut hadir mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang sangat baik dari Pemda Kabupaten Luwu Timur dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Luwu Timur. “Kita sangat berterima kasih atas kerjasama ini. Melalui edukasi ini kita berharap semakin banyak warga yang peduli dan mengambil peran dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19,” tutup Muhammad Rachmat.