Program Studi S3 Ilmu Kesmas FKM Unhas Raih Akreditasi A

oleh -145 views

Program Studi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin meraih akreditasi A setelah persiapan dan proses yang panjang. Tentu ini menunjukkan bahwa FKM Unhas adalah salah satu fakultas papan atas di Indonesia. Tentu ini tidak mudah.

Dekan FKM Unhas, Dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes., MSc.PH, PhD, menyambut baik dan rasa gembira atas nama pimpinan dan keluarga besar FKM Unhas. Beliau mengatakan bahwa Program Studi S1, S2 dan S3 Kesehatan Masyarakat semua sudah terakreditasi A. Ini sebagai bukti bahwa FKM Unhas semakin matang dalam segala hal karena indikator akreditasi untuk bisa mendapatkan nilai A cukup banyak misalnya berkaitan dengan mutu kepemimpinan dan kinerja tata kelola. Dalam kriteria ini, penilaian yang paling diutamakan adalah mengenai visi dan misi serta tujuan strategis dari fakultas dan perguruan tinggi tersebut. Selain iti terdapat mutu produktivitas luaran dan capaian. Setiap perguruan tinggi pasti mencetak lulusan setiap tahunnya. Alumni tersebut siap bersaing atau berkompetisi dengan kompetitor lain di luar dari perguruan tingginya. Karena itu penilaian ini sangat penting. Dr. Aminuddin, yang juga sebagai pemegang HAKI Kapsul Biji Labu Kuning, menambahkan mutu proses yang terus terjaga. Mutu proses ini sangat penting dalam penilaian akreditasi. Hasil yang baik sangat ditentukan oleh proses yang baik pula sehingga dengan demikian perguruan tinggi dituntut untuk menjaga kualitas proses pembelajaran dan kurikulum yang semakin dibutuhkan. Terakhir adalah mutu input. Mutu input sangat ditentukan oleh kualitas SDM. Saat ini FKM Unhas adalah tercatat sebagai salah satu fakultas kesehatan masyarakat yang memiliki jumlah professor terbanyak di Indonesia. Mutu SDM ini juga termasuk mutu tenaga kependidikan. Input ini juga termasuk mahasiswa, kurikulum, sarana prasarana dan sistem keuangan yang baik.

BACA JUGA:  Dies Natalis Unhas ke-64; Departemen K3 FKM Unhas gelar Webinar Internasional

Lebih lanjut, dekan menambahkan bahwa dengan akreditasi A, berarti donatur atau pemberi beasiswa tidak ragu-ragu lagi membiayai mahasiswa S3 yg mendaftar di FKM Unhas.

Ketua Program Studi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Ridwan Amiruddin, SKM, M.Kes., MSc.PH, yang dihubungi secara terpisah mengatakan bahwa Akreditasi Prodi S3 Kesehatan Massarakat FKM Unhas merupakan kerja kolaborasi semua tim dan stakeholder yang terlibat dalam pengembangan program pendidikan doktoral di Unhas. Reakreditasi yang dipercepat dua tahun ini untuk meningkatkan akselerasi FKM unhas dalam menghasilkan luaran riset yang berkualitas yang didukung oleh input yang handal.

 

Ucapan selamat datang dari berbagai pihak baik unsur pimpinan di Universitas Hasanuddin, para dosen dan mahasiswa, alumni dan juga para pengguna alumni atau mitra.