Tim Pengabdian Departemen Sosial Ekonomi Peternakan Unhas Melakukan FGD sekaligus Demonstrasi Pengawetan Pakan dalam Bentuk Silase

oleh -99 views

Tim Pengabdian Departemen Sosial Ekonomi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin melakukankegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan masyarakat di Desa Barana Kec. Bangkala Barat kab. Jeneponto. Kegiatan inidilakukan pada hari Kamis tanggal 10 Desember 2020. Kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahanyang dihadapi oleh masyarakat selama ini terkait dengan usahapeternakan sapi dan kambing yang dipelihara sebagaimanadisampaikan oleh Dr. Ir. Aslina Asnawi, S.Pt., M.Si., IPM selakuKetua Departemen Sosial Ejonomi Peternakan Unhas.

 

Salah satu tokoh masyarakat yaitu Drs. Muh. Basir Dg. Situjumewakili kepala desa setempat menyambut baik kedatangan timPengabdian Departemen Sosial Ekonomi Peternakan Unhas dan berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagimasyarakat setempat khususnya bagi peternak.  Kegiatan FGD ini dipandu oleh Dr. Syahdar Baba, S.Pt., M.Si. Pelaksanaannyaberjalan sangat baik dan antusias peserta juga sangat besar.  Dari identifikasi masalah ternyata bahwa permasalahan utama yang dihadapi oleh peternak sapi maupun kambing di desa tersebutadalah penyediaan pakan yang berkualitas dan kontinuketersediaannya.  Padahal pakan merupakan faktor pendukungutama keberhasilan usaha peternakan sebagaimana dijelaskanoleh Dr. Syahdar Baba pada kegiatan FGD tersebut. Beliau juga menghimbau agar masyarakat mulai menanam hijauan makananternak dengan memanfaatkan lahan yang ada, baik lahan yang disediakan khusus untuk lokasi penanaman hijauan makananternak maupun memanfaatkan pekarangan di sekitar rumah.

Pada kesempatan tersebut, tim ini juga memberikan demonstrasiatau simulasi pengawetan pakan dalam bentuk silase. Kegiatanini dipandu oleh Ilham Syarief, S.Pt., M.Si yang merupakandosen baru pada Fakultas Peternakan Unhas yang juga merupakan salah satu penduduk asli di daerah tersebut.  MenurutIlham, bahwa pengawetan pakan ini sangat tepat waktunyadilakukan saat-saat seperti sekarang ini karena pda musim hujanbiasanya jumlah hijauan makanan ternak berlimpah.  Oleh karena iu kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu alternatifdalam mengatasi kesulitan pakan ternak pada musim kemarau. Ilham juga menambahkan bahwa output dari kegiatan ini dapatdimanfaatkan sebagai persediaan pakan ternak. Silase adalahpakan yang berbahan baku hijauan, hasil samping pertanian ataubijian berkadar air tertentu yang telah diawetkan dengan caradisimpan dalam tempat kedap udara selama kurang lebih tigaminggu. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan pengawetankandungan nutrisi yang terdapat pada hijauan atau bahan ternaklainnya, Penyimpanan pada kondisi kedap udara tersebutmenyebabkan terjadinya fermentasi pada bahan silase.Pembuatan silase disambut warga Desa Barana dengan antusiaskarena warga ingin mengetahui cara pembuatan silase tersebutsehingga kendala pakan yang selama ini mereka hadapi dapatteratasi.    

 

Kegiatan ini dihadiri oleh dua belas orang dari DepartemenSosial Ekonomi Peternakan Unhas yaitu Dr. Ir. Aslina Asnawi, S.Pt., M.Si., IPM sebagai ketua tim dan anggotanya yaitu: Dr. Ir. Siti Nurlaelah, S.Pt., M.Si., Prof. Dr. Ir. Hastang, M.Si., IPU, Dr. Ir. A. Amidah Amrawaty, S.Pt., M.Si., IPM , Dr. Syahdar Baba, S.Pt., M.Si., Dr. Ir. Agustina Abdullah, S.Pt., M.Si., IPM.., Dr. Ir. Ikrar Moh. Saleh, M.Sc., Dr. Ir. Ilham Rasyid, M.Si., IPM., AER., Ir. Veronica Sri Lestari, M.Ec., IPM., Dr. Ir. SyahriadiKadir, M.Si., Dr. Kasmiyati Kasim, S.Pt., M.Si., Ilham Syarief, S.Pt., M.Si., dan Prof. Dr. Ir. Rr. Sri Rachma Aprilita Bugiwati, M.Sc mewakili Departemen Produksi Ternak FakultasPeternakan.  Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua DPC Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia Kab. Jeneponto, Supriyadhi Dg. Bani, tokoh masyarakat dan warga Desa Baranayang kurang lebih dihadiri sebanyak 40 orang. Tidak menutupkemungkinan pada masa yang akan datang pihak DepartemenSosail Ekonomi Peternakan Unhas dapat menindaklanjutikegiatan ini dengan kegiatan pengabdian dengan materi sesuaikebutuhan peternak dan kegiatan pemberdayaam masyarakat di daerah tersebut.

BACA JUGA:  Air Bersih untuk Masamba: Tim Dies Natalis ke-64 Unhas Membangun Sarana Air Bersih