Pelantikan, Upgrading, dan Rapat Kerja Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Fkm Unhas

oleh -138 views

Makassar – Senin (28/12/2020) telah dilaksanakan acara Pelantikan Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Periode 2020-2021. Dengan diadalannya acara tersebut, menandai dimulainya masa kepengurusan BEM FKM yang baru yang akan dipimpin oleh Renaldi bersama dengan para pengurusnya. Mahasiswa menjadi penerus perjuangan bangsa yang nantinya akan mengemban tampuk pimpinan bangsa, baik saat berada di masyarakat maupun bernegara. Dalam dunia kemahasiswaan, organisasi kemahasiswaan sangat berperan penting sebagai sarana untuk menampung semua aktifitas, kreativitas, dan inovasi bagi para mahasiswa, dalam hal ini sebagai wadah pengembangan diri mahasiswa. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin merupakan organisasi kemahasiswaan yang menampung segala minat, bakat, kreatifitias dari setiap anggota Keluarga Mahasiswa FKM Unhas. Dalam menjalankan lembaga organisasi BEM FKM Unhas, dibutuhkan Sumber Daya Manusia yang berusaha dan berjuang untuk terus maju ke arah yang lebih baik. Demi meneruskan estafet kepengurusan, maka BEM FKM Unhas terus bergenerasi setiaptahunnya. Atas dasar pemikiran tersebutlah, acara pelantikan tersebut dilaksanakan

Acara dimulai pukul 17.00 WITA yang  dilaksanakan secara semi virtual melalui aplikasi zoom dan langsung di Aula Asrama HPMM. Mengangkat tema “Merajut Makna dalam Bingkai Perjuangan KM FKM Unhas”. Acara ini bertujuan untuk melegalitaskan kepengurusan BEM FKM Unhas periode 2020-2021 dan untuk merencanakan program kerja yang akan dilakukan oleh pengurus BEM kedepannya selama satu periode, menumbuhkan komunikasi person antar anggota BEM FKM Unhas, menumbuhkan rasa solidaritas, empati, dan simpati pada pengurus BEM FKM UH, serta menumbuhkan rasa tanggung jawab pada semua anggota BEM FKM UH pada tugas amanah yang diberikan. Cukup banyak peserta yang mengikuti kegiatan ini terutama secara online. Peserta yang ikut terdiri dari pengurus BEM, Ketua MM, Ketua Maperwa dan panitia. Acara ini dilaksanakan dengan menerapkan protocol kesehatan, yaitu wajib memakai masker, mencuci tangan sebelum masuk ke ruangan, serta menjaga jarak antara satu dan yang lainnya.

BACA JUGA:  Departemen Sosial Ekonomi Peternakan Unhas Melakukan Pengabdian kepada Masyarakat dengan tema “Penguatan Kapasitas Peternak/ Kelompok Tani dalam Adopsi Teknologi”

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Waode Sitti Nurul Aulyah. Dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Mars Unhas, dan Mars FKM. Lalu sambuatan Ketua BEM oleh Renaldi. Sambutan Hakim Mahkamah Mahasiswa oleh Ahmat Miftah Qadry. Sambutan Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa oleh Eka Indriyasari.

Selanjutnya acara ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kemitraan FKM Unhas lewat via zoom. Beliau menyampaikan selamat atas terpilihnya pengurus BEM FKM UH periode 2020-2021 dan juga menyampaikan terima kasih kepada pengurus BEM periode sebelumnya yang telah banyak membantu fakultas khususnya dalam bidang kemahasiswaan meraih banyak prestasi. Ada beberapa hal yang disampaikan dalam sambutan beliau. Pertama, persaingan meraih prestasi mahasiswa semakin ketat antar fakultas. Karena itu saya berharap bahwa kegiatan yang dilakukan ke depan selain yang sifatnya pengembangan keorganisasian dan leadership, juga diarahkan pada pengembangan kretaivitas dan bakat minat mahasiswa yang memiliki mental kompetisi baik nasional maupun internasional. Ada banyak kegiatan nasional yang perlu diikuti oleh mahasiswa misalnya lomba karya tulis ilmiah, Program Kreativitas Mahasiswa, debat bahasa Indonesia, debat bahasa Inggris, kegiatan conference nasional dan internasional. Ke depan perlu dibentuk lembaga penalaran ilmiah dan unit kewirausahaan. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa pentingnya diadakan kembali Winslow English Club yang akan sangat bermanfaat bagi semua mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas. Karena itu mahasiswa perlu mempersiapkan bahasa Inggris mereka. Banyak dosen alumni luar negeri yang bisa dilibatkan dalam program ini.

BACA JUGA:  Membahas Teknik Analisis Konten Penelitian Kualitatif: PERSAKMI Sulsel, Selenggarakan Webinar Seri ke-4

Acara selanjutnya adalah yaitu masuk dalam acara puncak pembacaan SK dan pengucapan sumpah  BEM, Forma Kesmas, dan Forma Gizi. Pembacaan SK dilakukan oleh Presiden BEM, dilanjut dengan pengucapan sumpah pengurus BEM periode 2020-2021 dan selanjutnya pengambilan sumpah dari Ketua Forma Kesmas dan Ketua Forma Gizi. Setelah mengambil sumpah dari ketua masing-masing forma, selanjutnya pembacaan SK dan pengucapakan sumpah pengurus masing-masing forma. Pembacaan SK dilakukan oleh Ketua Forma Kesmas dan pengucapan sumpah oleh pengurus Forma Kesmas periode 2020-2021. Selanjut nya pembacaan SK Forma Gizi oleh Ketua Forma Gizi dan selanjutnya pengucapan sumpah pengurus Forma Gizi periode 2020-2021. Pembacaan SK dan pengucapan sumpah berlangsung dengan khidmat. Di akhir acara, dibacakan pembacaan doa oleh Moch. Fikri Haikal. Acara berakhir sekitar pukul 18.00 WITA. Terdapat kendala teknis di awal acara, namun dapat terselesaikan dengan baik. Secara keseluruhan acara tersebut berjalan dengan baik.